Cara Memperbaiki Jika Keyboard Android Tidak Muncul Di Android

Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang, Macet dan juga Error – Keyboard dalam smartphone adalah salah fitur atau alat penting dalam smartphone dan tablet Android, keyboard ini bisa kita gunakan untuk menelepon, mengetik pesan, melihat pulsa, membeli layanan paketan internet dan lain-lain.

Jadi keberadaan keyboard di Android itu sangatlah penting, dan jika keyboard ini rusak atau error, maka tentu akan menghambat aktifitas user jika ingin menggunakan smartphone tersebut, entah untuk chattingan lewat Whatsup, BBM, Line atau lainnya.

Cara Memperbaiki Jika Keyboard Android Tidak Muncul Di Android

Nah jika Anda pernah mengalami keyboard Anda macet, hilang atau tidak sesuai, tenang jangan bingung dan risau karena kami akan mencoba memberikan solusi khusus buat Anda dirumah, penasaran yuk simak ulasan kami berikut ini.

Cara Mengatasi Keyboard Hilang Di Android


Cara 1: Hapus Data dan Hentikan Paksa Keyboard Anda
Langkah pertama dalam mengatasi keyboard hilang adalah dengan menghentikan secara paksa aplikasi tersebut dan menghapus data, karena bisa jadi cache yang ada didalam Android Anda lumayan menumpuk dan membutuhkan untuk dibersihkan.

Cara ini sangatlah efektif dalam menghadapi masalah ini, karena kita akan mengembalikan posisi setting default pada Android kita, sehingga bentuk error tidak muncul lagi.

Caranya:
Buka Pengaturan > Lalu Pilih Aplikasi > Tap Semua > Kemudian cari aplikasi Keyboard Android ( AOSP) > Tap “Paksa Berhenti”  dan terkahir “Hapus Data”.

Cara 2: Untuk Aplikasi Keyboard (tambahan) di Google Play Store
Jika Anda telah melakukan cara pertama dan ternyata kendalanya masih ada, maka saran kami adalah cobalah untuk mengunistall keyboard di Google Play Store, kemudian cari aplikasi yang serupa dan install di Android Anda.

Cara ini adalah cara terakhir dalam mengatasi aplikasi keyboard yang hilang secara tiba-tiba, karena kemungkinan adanya file aplikasi yang rusak, sehingga ternjadinya error tersebut dan mengharuskan kita untuk menginstall dan menggunakan aplikasi tambahan.

Caranya:
Buka Goole Play Store > lalu ketik di kotak pencarian “Keyboard” > Pilih salah satu aplikasi dengan ulasan dan bintang yang baik > Install > Tunggu sampai selesai.

Demikian Cara Memperbaiki Jika Keyboard Android Tidak Muncul Di Android, semoga dengan cara-cara tersebut membuat hp atau smartphone Android Anda normal kembali. Dan apabila terjadi keluhan-keluhan mengenai keyboard ini, saya sarankan untuk “Factory Reset” atau Anda bisa melakukan “Flashing” ke mode default pabrikan, karena dengan cara ini, seluruh sistem Android akan kembali ke mode awal (tetapi jangan lupa untuk di backup dulu). Sampai jumpa dan terimakasih.