Pengertian Dan Fungsi Dari Recovery Mode Di Android?

Peran Dan Fungsi Dari Recovery Mode Di Android. Setiap tablet Android dan smartphone Android selalu dilengkapi dengan fitur bawaan pabriknya yaitu fitur Recovery Mode, dan banyak yang bertanya apa itu recovery mode dan fungsinya. Sebagaimana kita ketahui bersama Recovery Mode paling banyak digunakan oleh developers Android sebagai pilihan / opsi untuk masuk kedalam sistem saat Android mengalami kerusakan, entah itu di boot, atau flash dan lain-lain.

Fitur ini wajib ada dalam setiap smartphone seperti Asus Zenfone, Xiaomi, HTC, LG, Motorolla, VIVO, Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Nexus, OnePlus, Huawai, Smartfren Andromax, Acer, Sony Experia dan lain-lain.

Pengertian Dan Fungsi Recovery Mode Di Android?

Tentang Penjelasan Recovery Mode Di Android


Pada bab ini akan kami jelaskan secara singkat mengenai fungsi recovery mode ini, yaitu secara umum kita bisa penggunakan fitur ini dengan menekan tombol power dan juga volume secara bersama-sama dan agak lama, meskipun ada juga yang menekan tombol power, home dan volume atas.

Setelah Anda masuk kedalam recovery mode maka akan ada banyak menu pilihan yang ada, dan menunya adalah sebagai berikut:

Wipe Data / Factory Data Reset
Yang fungsinya adalah untuk mereset semua data yang ada dalam smartphone kita, sedikit tips, jika Anda menggunakan fitur ini alangkah baiknya untuk membackup semua data yang ada, agar waktu di reset data kita tetap ada.

Install / Apply Update From SDCARD
Fitur ini adalah untuk menginstall dan memilih file pada SDCARD kita.

Wipe Cache
Fungsi wipe cache pada recovery mode adalah untuk menghapus seluruh data cache yang kalau tidak dihapus akan membuat Android kita lemot, sebelum menggunakan ini cobalah untuk menggunakan aplikasi atau lakukan secara manual.

Reboot System Now
Untuk merestart atau mereboot operastion system Android

Nah itu adalah bagian dari fitur recovery mode yang ada, fitur ini lebih sering digunakan jika kita harus menggunakannya atau urgent, seperti mengembalikan data secara awal (default), lupa pola PIN atau password dan lain-lain.

Baiklah demikian penjelasan mengenai recovery mode yang singkat ini, dan perlu diketahui bahwa recovery mode ini akan terus berkembang dan akan banyak lagi fitur-fitur lainnya yang ada didalam pilihan recovery mode itu sendiri.

Terimakasih telah berkunjung di Pengertian Dan Fungsi Recovery Mode Di Android ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua ya, sampai jumpa dan terimakasih.