3 Cara Mengatasi “sayangnya proses com.android.systemui telah berhenti” Di HP Android

Tips Cara Mengatasi Pesan Error “Unfotunately, Process com.android.systemui Has Stopped” di Android. Sistem UI (User Interface) adalah sebuah sistem terpenting yang bisa user gunakan sebagai antarmuka atau tampilan ini, sehingga user lebih mudah dalam mengoprasikan setiap smartphone mereka dengan tampilan / walpaper / tema yang cantik dan unik.

Penggunaan UI sendiri memang tidak selalu berjalan normal, ada masalah yang sering terjadi yaitu layar smartphone menjadi blank dan pastinya akan membuat pengguna merasa kesulitan dalam menjalankan setiap aktifitas mereka.

3 Cara Mengatasi “sayangnya proses com.android.systemui telah berhenti” Di HP Android

Nah pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk membahas mengenai bagaimana cara mengatasi sistem UI yang error ini dengan cepat dan tepat, seperti apa prosesnya silakan simak ulasan kami berikut ini ya, selamat mencoba.

Mengatasi Proses com.android.systemui Telah Berhenti


Cara 1: Bersihkan Cache Di Sistem UI
Langkah pertama yang bisa kita coba adalah membersihkan file sampah pada sistem UI ini, caranya sama dengan cara kita menghapus cache pada umumnya, yaitu

Masuk ke pengaturan > setelan tambahan > manajemen aplikasi > semua > cari “Sistem UI” > Kemudian tab “Hapus Cache

Dengan melakukan pembersihkan file sampah ini, maka kita telah membuang semua sampah pada sistem UI, sehingga kinerjanya akan kembali ke normal.

Cara 2: Factory Reset Android
Setelah melakukan cara pertama  dan ternyata UI masih memunculkan error, maka silahkan untuk mengikuti cara kedua ini yaitu dengan mereset sistem Android kita ke mode awal (default) pabrikannya, yaitu dengan cara seperti ini:

Buka Pengaturan > Setelan Tambahan > Buat Cadangan dan Reset > Tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi yang dapat Di Bongkar > Tunggu prosesnya dan selesai.

Sebelum melakukan cara mereset android ke mode pabrikan awal, kita harus membackup seluruh data-data penting yang ada dalam Android kita, seperti chatting, foto, video, file-file penting lainnya, karena kalau nanti hilang waktu di reset, maka kita akan lebih mudah untuk mengembalikannya lagi.

Cara 3: Install Ulang Sistem Android
Saya kira dengan melakukan cara ke dua di atas sistem UI Anda akan berjalan normal, dan untuk cara 3  ini adalah sebagai opsi saja, yaitu kita install sistem Androidnya atau lebih dikenal sebagai flashing sistem. Untuk melakukan flashing ini haruslah cermat dan jangan menggunakan aplikasi / software bajakan, karena nanti akan berbahaya bagi Android kita. Untuk aplikasinya bisa anda menginstall firware tersebut melalui FiturRecoveryMode.

Baiklah demikian Cara Mengatasi “sayangnya proses com.android.systemui telah berhenti” Di HP Android, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua ya, sampai jumpa dan terimakasih.