Android Anda Sering Hang Secara Tiba-Tiba? Berikut Penjelasannya dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi HP Android Hang, Lag, Error, Macet, Lemot Dan Restart Sendiri – Android adalah salah satu operasion sistem (OS) yang sudah digunakan oleh jutaan orang di dunia ini, banyak HP, Smartphone maupun Tablet yang menggunakan OS ini.

Dengan harganya yang terjangkau jika dibandingkan dengan Ipho#e atau lainnya, Android adalah yang paling bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat. Didukung dengan ribuan aplikasi yang ada, Android mampu menguasai pasar menengah kebawah.

Android Anda Sering Hang Secara Tiba-Tiba? Berikut Penjelasannya dan Cara Mengatasinya

Hal ini mengakibatkan jumlah pengguna yang banyak, dan membuat produsen HP harus bersaing untuk memberikan yang terbaik bagi para pengguna Android.

Ada sebuah bug atau error yang sering terjadi ketika kita lama-lama menggunakan adroid yaitu Lag atau Macet, error ini sering terjadi ketika kita menjalankan aplikasi yang besar atau yang mengharuskan online, seperti game, browsing dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Cara Mengatasi Masalah “Unfortunately App Has Stopped” di Android

Tentunya error ini sangatlah tidak nyaman bagi Anda, oleh karena itu, kami akan mencoba untuk membahas mengenai mengapa Android ini bisa hang secara tiba-tiba dan bagaimana cara mengatasi jika Android macet. Berikut adalah ulasannya.

Kenapa Android Saya Sering Macet Tiba – Tiba?


Ada banyak penyebab mengapa HP android tiba-tiba macet yaitu salah satunya adalah RAM penuh, dulu saya waktu menggunakan HP Android selalu macet dan setelah saya cek ternyata saya menjalankan banyak aplikasi, ada chattingan, dengarin musik, download, BBM, WA, Line, Facebook dan lain-lain, sehingga menjadikan hape Android menjadi error.

Dan agar lebih jelasnya berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan HP error
  • Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan
  • Memory RAM Penuh / Sedikit
  • Wallpaper yang berat
  • Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terinstall
  • Banyaknya File Sampah yang Menumpuk (Cache)
  • Root Kurang Sempurna
  • Akibat Adanya Virus
Nah setelah kita mengetahui hal-hal yang menyebabkan android sering lag, berikut adalah langkah-langkah dalam mengatasinya, silahkan simak baik-baik ya.

Cara Mengatasi Smartphone Android Hang dan Lag


  • Bersihkan Cache Pada Android 
Untuk langkah pertama kita harus membersihkan cache, jika Anda bertanya apa itu cache atau bagaimana cara menghapusnya silahkan simak artikel berikut ya “Binggung Dengan Apa Itu Cache? Disini Penjelasannya Dan Cara Menghapusnya

  • Hapus Aplikasi dan Game yang Berat
Gunakan Aplikasi  yang sewajarnya saja, karena semakin kita menggunakan banyak aplikasi maka akan banyak memory spase yang ditempati, kalau tidak dipilah-pilah nanti akan memberatkan sistem memory smartphone.

  • Gunakan Wallaper Biasa
Agar tidak lemot, segera gunakan wallpaper atau template yang ringgan, karena interface adroid yang berat berpotensi menyebabkan android hang.

Baiklah demikian Cara Mengatasi HP Android Hang, Lag, Error, Macet, Lemot Dan Restart Sendiri yang dapat kami sampaikan semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua ya, sampai jumpa dan terimakasih.