Tips Mudah Menghapus Foto dan Video dari Grup Whatsapp

Salah satu hal yang cukup mengasikkan dalam chat whatsapp yakni masuk ke dalam grup-grup. Mulai dari grup alumni, teman, hingga grup jualan. Selain nambah teman juga dapat berjualan. Namun tahukah kamu kalau chat-chat yang menumpuk pada whatsapp jika dibiarkan lama kelamaan akan membebani memori penyimpanan pada hp android kamu. Untuk itu kamu perlu menghapus foto, video dan file lainnya dari grup whatsapp.

Mungkin untuk spek smartphone yang high class seperti RAM 3 GB dengan ROM 16 GB biasanya tak terasa, namun bagaimana dengan pemiliki smartphone low entry? Pasti cukup mengganggu apalagi tak menginstall aplikasi banayk namun file baru pada ponsel cukup banyak karena tak membersihkan chat atau file whatsapp secara berkala.

Lantas bagaimana cara menghapus foto dan video dari grup whatsapp? Sebenarnya ada beberapa cara yang cukup mudah ataupun hapus satu-satu foto dan video yang tak diperlukan atau tak dilihat lagi pada ruang penyimpanan smartphone.


Tips Menghapus Foto dan Video dari Grup WA

  • Cara Manual
Sempat disinggung diatas, caranya yang agak ribet dengan menghapus foto-foto serta video yang ada pada ruang penyimpanan. Biasa foto dan video yang berasal dari WA akan tersimpan pada galeri dengan nama whatsapp. Atau bisa kamu temukan ke bagian storage > whatsapp > Media.

Dari dalam media terdapat WhatsApp Video dan WhatsApp Images. Kedua folder itu bisa kamu hapus. Sehingga filenya tak terlalu menguras ruang penyimpanan pada hp android kamu. Apabila ada foto-foto penting yang tak mau dihapus maka kamu perlu memilah-milah atau memindahkannya ke folder lain.

Tentu saja cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun kelebihannya foto-foto atau video-video yang penting tak ikut terhapus.
  • Clear Conversation
Biasanya foto atau video yang menguras memori internal atau SD card ada pada whatsapp grup bahkan hingga bergiga-giga jika dibiarkan. Cara mudahnya untuk menghapus foto dan video di grup whatsapp yakni dengan keluar dari grup.

Dengan begitu kamu otomatis semua file yang ada dalam grup WA seperti video, foto, dan media lainnya akan ikut terhapus. Jika grup tersebut penting maka kalian bisa hubungi admin group dan memintanya untuk memasukkanmu kembali ke grup.

Untuk cara kedua ini memang cukup cepat namun ada beberapa kekurangannya diantaranya kamu tak menjadi admin lagi dan anggota grup tersebut enggan membuatmu menjadi admin. Kelemahan kedua yakni file penting seperti foto dan video akan terhapus jika kamu belum melakukan backup terlebih dahulu.

Semua informasi yang kami berikan tentang cara menghapus foto dan video dari grup whatsapp di atas dapat membantu kamu. Untuk dua tips tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi lebih baik teliti terlebih dahulu sebelum memhapusnya. Sampai jumpa.