Tips Mudah Mengatasi Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka

Dulunya whatsapp memang tak sebooming sekarang karena perkembangan zaman dan juga kinerjanya yang dikenal cukup ringan, aplikasi chatting ini hampir ada di setiap smartphone. Dan aplikasi pesaingnya dulu BBM atau LINE kini penggunanya tak begitu banyak dibandingkan whatsapp.

Beragam kemudahan ditawarkan oleh whatsapp dan menariknya lagi kuota tak akan terkuras banyak. Aplikasi ini selalu melakukan update dan menambahkan fitur-fitur terbaru untuk membuat para penggunanya semakin betah. Hebatnya lagi, saat menggunakan whatsapp kita tak akan terganggu oleh iklan. Dari keunggulan yang kami sebutkan bisanya ada masalah yang dialami salah satunya whatsapp tidak bisa dibuka.

Kendala ini memiliki cara penanganan yang berbeda karena setiap pengguna android memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Biasanya saat whatsapp error atau tak dapat dibuka biasanya akan muncul tulisan "sayangnya whatsapp telah berhenti" atau "Unfortunately, WhatsApp Has Stopped". Pesan tersebut muncul disemua merk hp mulai dari samsung, oppo, vivo, hingga xiaomi.

Nah, pada kesempatan kali ini tim redaksi akan membahas tentang cara mengatasi whatsapp tidak bisa dibuka. Tanpa berbelit-belit langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini:

Cara Menangani Whatsapp pada Android dan iOS yang Tidak Bisa Dibuka

  • Menghapus File Cache pada Aplikasi Manager
Untuk tips pertama ini kamu menghapus file history dan cache whatsapp yang ada pada smartphone kalian. Selain menjadi penyebab kendala, jika dibiarkan saja maka akan menumpuk dan membebani kinerja android.

Untuk menghapus cache kamu, hal dilakukan yakni membuka menu pengaturan > setelan tambahan > manajemen aplikasi lalu cari aplikasi whatsapp yang telah terinstall sebelumnya. Lakukan tap dan hapus cache. Setiap smartphone manager aplikasi tempatnya berbeda-beda namun biasanya ada di bagian setting.
  • Melakukan Pemberhentian Paksa Serta Hapus Data
Jika tips pertama tak dapat mengatasi whatsapp tak bisa dibuka maka kali ini kalian dapat melakukan paksa berhenti dan hapus data. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan pengaturan pada posisi default. Maksudnya file-file yang tersimpan pada whatsapp akan hilang permanen mulai dari history, data login, chache, setelan dan sebagainya.

Nah, apabila kamu melakukan cara ini maka harus memasukkan nomor telepon dan password yang dipakai selama ini dalam whatsapp. Sedangkan step by step untuk menghapus data whatsapp yakni sebagai berikut:

Pilih menu setting > Setelan tambahan atau manajemen aplikasi > lalu cari whatsapp dan tap "paksa berhenti" selanjutnya hapus data.
  • Update Whatsapp Melalui Play Store
Cara selanjutnya yakni dengan melakukan update aplikasi apabila kedua cara diatas tak berhasil. Caranya sama seperti menginstall aplikasi baru pada play store lalu cari whatsapp, nah dari pada tombol download akan berubah menjadi update jika sebelum telah install WA pada smartphone.

Melakukan Install Ulang Aplikasi
Cara terakhir yang dapat dilakukan dan ketiga cara diatas tak bisa mengatasi permasalahan kamu adalah melakukan install ulang aplikasi whatsapp yang ada pada smartphone.  Sebelum uninstall usahakan hapus chache dan restart hp dahulu. Agar whatsapp saat diinstall kembali dapat berjalan dengan sempurna.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mengatasi whatsapp tidak bisa dibuka di hp android atau iOS. Cukup mudah bukan caranya? Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang whatsapp yang tak kalah menarik untuk disimak.