3 Cara Mengatasi Aplikasi Whatsapp yang Lemot

Whatsapp memang cukup populer karena performanya yang ringan dan tak membebani kinerja smartphone. Namun terkadang ada pengguna android yang mengalami whatsapp lemot. Hal ini biasanya terjadi karena spek smartphone terbilang low entry atau telah masuk ke dalam ratusan grup yang ada di whatsapp.

Pasti ada pertanyaan kenapa masuk ke grup whatsapp bisa membuat aplikasi ini lemot? Hal ini disebabkan karena chattingan yang tak pernah dibersihkan maka akan menumpuk dan yang cukup kerasa yakni smartphone dengan spek rendah. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara mengatasi whatsapp lemot dengan cepat.

mengatasi whatsapp lemot

Tips Menangani Whatsapp Lemot Tanpa Ribet

  • Menghapus Cache
Cache merupakan sampah dari penggunaan aplikasi dan jika dibiarkan saja maka lama kelamaan akan menumpuk dan membebani kinerja smartphone. Hal ini menyebabkan whatsapp mengalami lemot bahkan eror.

Untuk itu, bagi pengguna smartphone yang spesifikasinya low entry lebih baik sering-sering menghapus cache whatsapp. Caranya pergi ke bagian setting atau pengaturan lalu pilih manager aplikasi dan cari aplikasi whatsapp. Setelah melakukan tap maka pilihlah hapus cache.
  • Menghapus Foto, Video dan File Lainnya pada Folder WA
Tak hanya menjadi aplikasi chatting saja, Whatsapp merupakan sosial media dan media penyimpannya berada pada memori internal. Biasanya saat melakukan chatting kamu akan mengirim video atau foto.

Nah file-file tersebut tersimpan pada memori internal. Untuk hp android yang memiliki memori internal besar mungkin tak terasa bagaimana dengan spek yang rendah? Pasti cukup terasa apabila memori internal hampir penuh.

Untuk itu kamu harus menghapus file-file dari whatsapp yang sudah terpakai atau tidak dilihat lagi. Tempatnya pada bagian file saya lalu storage > whatsapp > Media. Didalamnya akan muncul whatsapp video dan whatsapp images. Biasanya file-file yang terkirim pada grup-grup whatsapp akan tersimpan ke dalam sana. Kamu bisa menghapus semuanya atau memilih video dan foto mana yang masih ingin dilihat.
  • Uninstall dan Install Kembali Aplikasi
Biasanya whatsapp lemot juga pengaruh dengan sistemnya yang eror. Untuk itu kamu dapat melakukan uninstall lalu install kembali. Sebelum melakukan uninstall hapus terlebih dahulu data dan clear cache agar performa whatsapp setelah diinstall lagi akan lebih baik.

Itulah beberapa cara mengatasi whatsapp lemot yang dapat kamu terapkan pada smartphone android. Semoga dapat membantu permasalahan yang dihadapi. Nantikan artikel menariknya tentang whatsapp yang tentunya wajib untuk disimak.