Membandingkan Galaxy Tab S4 dan Surface Go 2018, Mana yang Lebih Unggul?


Sebelum Samsung merilis produk terbarunya belum lama ini yang diberi nama Samsung Galaxy Tab S4, sebenarnya Microsoft lebih dulu sudah merilis produk dengan spesifikasi yang hampir sama yang diberi nama Surface Go.  Samsung Galaxy Tab S4 hadir dalam bentuk tablet yang memiliki ukuran mencapai 10,5” yang turut dioptimalkan untuk menunjang produktivitas kerja. Sementara sedikit berbeda dengan produk Samsung, ukuran layar pada tablet besutan Microsoft yang diberi nama Surface Go memiliki ukuran sedikit lebih kecil yaitu sebesar 10”.



Namun keduanya sama – sama merupakan produk tablet 2 in 1 yang didalamnya memiliki spesifikasi yang dapat diandalkan sebagai produk 2 in 1. Anda akan temukan produk ini yang dapat digunakan sebagai tablet atau juga bisa digunakan sebagai notebook untuk mendukung aktivitas produktif Anda di kantor. Namun tentunya walau ada banyak spesifikasi yang serupa, antara Samsung Galaxy Tab S4 dan Surface Go 2018 memiliki beberapa perbedaan. Berikut perbandingan Galaxy Tab S4 dan Surface Go yang Anda harus tahu!

Membandingkan Galaxy Tab S4 dan Surface Go 2018

Perbandingan Galaxy Tab S4 dan Surface Go 2018 sebenarnya tidak terlalu mencolok akan tetapi memang secara kasta sebagai produk yang baru hadir Galaxy Tab S4 lebih baik kalau dibandingkan dengan Surface Go. Terlebih Galaxy Tab S4 tentu sudah tahu apa yang menjadi sisi kelemahan dari Surface Go sehingga mereka lebih dapat memperbaiki diri sebelum peluncurannya dilaksanakan. 

Kedua tablet ini baik Galaxy Tab S4 ataupun Surface Go keduanya sama – sama didesain dengan ukuran layar yang lebar. Hal ini diberikan oleh keduanya untuk memberikan akomodasi terbaik bagi pengguna serta dapat membantu dalam menunjang mobilitas masing – masing pengguna. Ukuran tersebut juga tentunya cukup nyaman untuk dipakai kerja dan kalau dibawa kemana – mana juga masih dalam taraf tidak begitu membebani. 

Pada Surface Go besutan Microsoft, produk yang satu ini hadir dengan dukungan teknologi PixelSense yang hadir dengan layar berukuran 10” dengan aspek rasio mencapai 3 : 2 dan resolusi sebesar 1800 x 1200 pixels. Kerapatan pixelnya mencapai 217 ppi yang mana resolusi yang ditawarkan ini menjadikan Surface Go memang kalau dibandingkan dengan produk teranyar Samsung masih kalah. Samsung seolah memang ingin membuktikan mereka tak bisa dikalahkan.
Vendor asal Korea Selatan ini turut menyematkan panel berupa Super AMOLED untuk layarnya yang berukuran sedikit lebih besar dibandingkan Surface Go. Layar Samsung Galaxy Tab S4 didesain sebesar 10,5” yang mengusung rasio 16 : 10 dengan resolusi mencapai 2560 x 1600 pixels dan kerapatan sebesar 287 ppi. 

 
Galaxy Tab S4

Tak hanya soal rasio layar saja yang diunggulkan oleh Samsung Galaxy Tab S4, akan tetapi dari sektor dapur pacu nyatanya Galaxy Tab S4 juga lebih unggul dibandingkan Surface Go. Tablet yang dibesut oleh Samsung ini dibekali dengan dukungan snapdragon 835 bersama chipset kelas atas yang merupakan bidikan dan besutan dari Qualcomm. Kemudian untuk mendukung sisi multitasking bagi pengguna produk dari vendor Korea Selatan ini mendapat bekal memori RAM yang lapang mencapai 4 GB yang mana prosesor ini diklaim dapat menjalankan sampai dengan 20 aplikasi dengan sangat lancar walau secara bersamaan. Sementara berbeda dari Samsung Galaxy Tab S4, Surface Go lebih dibekali dengan prosesor yang lebih rendah. Pasalnya Microsoft lebih memilih prosesor kelas bawah dari intel untuk mendukung Surface Go. Tablet yang satu ini mendapat dukungan prosesor dual core pentium gold dengan kapasitas pilihan RAM 4 GB atau pilihan yang kedua sebesar 8 GB.  Spesifikasi ini tentu cocok untuk Anda yang memang hanya membutuhkan mesin kerja alternatif dalam penggunaan on the go. 

Kemudian baterainya, Surface Go memiliki daya baterai yang diklaim mampu bertahan sampai dengan 9 jam sementara Samsung Galaxy Tab S4 memiliki daya baterai yang lebih bertahan sampai dengan 16 jam. Tentu ini juga menjadi salah satu perbedaan yang membuahkan keunggulan bagi Galaxy Tab S4. 

Namun Surface Go tak selamanya tidak punya keunggulan. Bisa dibilang Surface Go juga memiliki keunggulan yang lain salah satunya keunggulan dari Surface Go dibandingkan yang lain yaitu unggul di bagian software. Terlebih jika mengutamakan fungsi produktivitasnya. Tablet yang satu ini menggunakan Windows 10 yang sudah familiar bagi para pengguna PC. Hanya saja masalahnya adalah karena terdapat mode S maka sistem operasi ini hanya memperbolehkan bagi pengguna untuk memasang dan mengunduh aplikasi yang sudah tersedia di Microsoft Store dan bukan yang lain. 

Surface Go 2018


Samsung Galaxy Tab S4 sendiri mengusung sistem operasi android yang memanfaatkan android 8.1 (oreo) dengan dilapisi Samsung Dex. Selain dapat mengoptimalkan tampilan android yang ada di tablet, produk yang satu ini juga membuat pengoperasian tablet lebih nyaman untuk digunakan bekerja. Kedua produk terbaru ini masing – masing turut serta memaksimalkan fungsi produktivitas yang memanfaatkan 2 in 1 tablet. Dan untuk memaksimalkan fungsinya maka Anda harus menggunakan aksesoris tambahan berupa keyboard. Hanya saja yang disayangkan, baik Samsung ataupun Microsoft tidak ikut menyertakan aksesoris tambahan dalam kotak penjualan di masing – masing tabletnya. 

Untuk mendapatkan aksesoris keyboard tambahan baik pada Samsung Galaxy Tab S4 ataupun Surface Go Anda perlu menggelontorkan dana yang cukup besar. Anda harus siapkan dana tambahan sebesar 2 juta rupiah untuk mendapatkan keyboard Samsung Galaxy Tab S4 sementara untuk mendapatkan keyboard tambahan pada Surface Go Anda perlu korbankan dana sebesar 1,8 juta rupiah saja. Aksesoris lain yang juga dapat Anda gunakan pada kedua perangkat ini yaitu stylus dan juga pen. Samsung turut menyertakan secara langsung S-Pen didalam kotak penjualan produk ini akan tetapi strategi yang berbeda diterapkan oleh Microsoft. Microsoft mengambil strategi lain yang menjual S-Pen dengan kotak penjualan yang berbeda dimana S-Pen dari Surface Go 2018 dibanderol dengan harga sebesar 1,4 juta rupiah. 

Anda harus tahu bahwa Surface Go 2018 memiliki kelebihan lain dibandingkan Samsung Galaxy Tab S4 yaitu dari segi harga. Dengan spesifikasi yang bisa dibilang rendah tablet yang dibesut oleh Microsoft ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau yaitu sebesar 5,7 juta rupiah saja akan tetapi harga tersebut tanpa dilengkapi aksesoris apapun baik S-Pen atau keyboard. Sementara itu Samsung turut menyematkan spesifikasi yang cukup impresif didalam Samsung Galaxy Tab S4 ini dan membuat produk Samsung Galaxy Tab S4 dibanderol lebih mahal dibandingkan Surface Go. Samsung Galaxy Tab S4 dapat Anda temukan dengan banderol harga sebesar 9,4 juta rupiah.
Sudah tahu perbandingannya bukan? Mau pilih yang mana? Samsung Galaxy Tab S4 atau Surface Go? Pastikan budget Anda mencukupi untuk memilih salah satu diantara keduanya.