Ragam Keunggulan Tablet Terbaik 2018, Samsung Galaxy Tab A 10.5 vs Tab S4


Tablet Terbaik 2018 - Tanggal 9 Agustus 2018 kemarin adalah waktu dimana Samsung akan secara resmi kenalkan produk terbarunya yang diklaim jauh lebih canggih dibandingkan dengan produk terdahulunya yang sudah diriliskan lebih dulu, yakni Note 9. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut bahkan juga telah mengundang riuh dengan dua buah tablet terbarunya. Kami yakin sekali, Anda pastinya sudah tahu kan dengan hal tersebut. Kedua tablet terbaru Samsung ini diberi nama “Galaxy Tab A 10.5 dan Galaxy Tab S4”. Keduanya sama – sama dibuat khusus untuk dua segmentasi yang berbeda. Lalu apa saja sih keunggulan yang ditawarkan Samsung pada kedua produk tablet terbarunya tersebut? Mari simak ulasan lengkapnya pada postingan berikut ini.

Ragam Keunggulan Tablet Terbaik 2018, Samsung Galaxy Tab A 10.5 vs Tab S4

Seperti yang sudah kami bahas di awal, bahwa Samsung kini telah membagi segementasi produk terbarunya dengan kode yang jauh lebih jelas. Yang demikian tersebut dilakukan Samsung sebab produsen asal Korea Selatan tersebut ingin menjangkau semua pengguna dari berbagai kalangan. Pada Lini A sendiri, Samsung membuat khusus untuk kelas menengah, ini adalah satu tingkat di bawah Lini S. Selain hal tersebut untuk phablet, Samsung sendiri telah memberikan nama Lininya dengan Note. Hal tersebut sudah pasti akan berimbas pada harga juga spesifikasi yang dihadirkan pada Galaxy Tab A 10.5 dan Galaxy Tab S4.
Walaupun punya ukuran layar yang sama, yakni 10.5 inch, akan tetap Galaxy Tab A10.5 dan Tab 4 milik Samsung ini membawa teknologi yang berbeda. Apabila pada Samsung Galaxy Tab A 10.5 pakai layar IPS LCD, untuk Samsung Galaxy Tab S4 sendiri sudah pakai layar Super Amoled yang pastinya jauh lebih mumpuni lagi dalam hal menampilkan sajian grafis yang sangat mulus.
Jika berbicara mengenai spesifikasi, kedua tablet terbaru milik Samsung ini ternyata sudah pakai sistem operasi versi terkini, yakni Android 8.1. Samsung Galaxy Tab A 10.5 sudah ditenagai oleh prosesor kelas menengah, yakni Qualcomm SDM450 Snapdragon 450. Sementara itu untuk Samsung Galaxy Tab S4 sendiri ditenagai oleh prosesor kelas atas, yakni Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835. Ngomong – ngomong mengenai kapasitas penyimpanannya, Samsung Galaxy Tab A10.5 memiliki ruang sebesar 32GB. Kemudian untuk Galaxy Tab S4 memiliki dua buah opsi, yakni 64GB dan 256GB.
Tak hanya itu saja, ternyata hal berbeda lainnya juga terlihat dari bagian RAM yang diusungnya, yakni untuk Samsung Galaxy Tab A 10.5 hanya memiliki kapasitas RAM 3GB, dan untuk Samsung Galaxy Tab S4 memiliki RAM sebesar 4GB. Soal pengambilan gambarnya sendiri, tablet Samsung Tab A 10.5 memiliki kamera belakang dengan lensa 8MP, sementara itu untuk tablet Samsung Galaxy Tab S4 memiliki lensa kamera 13MP. Untuk kamera depannya, Samsung Galaxy Tab A 10.5 dilengkapi dengan kamera berlensa 5MP. Kemudian Samsung Galaxy Tab S4 memiliki lensa kamera 8MP.
Kira – kira berapa banderol harga tablet yang diproduksi oleh Samsung tersebut? Mengenai harga, sudah pasti Samsung Galaxy Tab S4 dibanderol dengan harga yang lebih malah dibandingkan Samsung Galaxy Tab A 10.5. Lihat saja di pasaran gadget luar negeri, Samsung Galaxy Tab S4 sudah ditawarkan sekitar USD 649 atau sekitar Rp 9.4 juta rupiah. Sementara itu utnuk mendapatkan Samsung Galaxy Tab A 10.5, Anda harus merogok kocek sebesar 330 EURO atau sekitar Rp 5.5 juta rupiah. Tetapi harga tersebut kemungkinan akan jadi lebih tinggi lagi apabila sudah masuk pasar gadget di Indonesia.
Dengan melihat banderolan harga yang ditawarkan Samsung pada kedua tablet terbarunya tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa Samsung Galaxy Tab A 10.5 ini sepertinya bisa banget dijadikan alternatif murah dari Samsung Galaxy Tab S4. Walaupun Samsung Galaxy Tab A 10.5 hanya mendapat dukungan teknologi layar TFT LCD dengan resolusi 1.920 x 1.200 pixel, dimana layar tersebut memang tak seimpresif layar Samsung Galaxy Tab S4 yang sudah pakai Super Amoled, namun demikian bezel pada Galaxy Tab A 10.5 ini sama – sama tipisnya dengan Galaxy Tab S4 dengan ration yang juga sama besarnya, yakni 16 : 10.
Kabar bagusnya, Samsung Galaxy Tab A 10.5 sudah pakai sistem operasi terkini dari Android, yakni versi 8.1 Oreo. Sementara itu untuk konektifitasnya sendiri, tablet terbaru kelas menengah dari Samsung tersebut juga memiliki spesifikasi yang sama dengan Galaxy Tab S4 dengan dukungan jaringan 4G LTE. Karena tablet Samsung terbaru 2018 ini memang dibuat khusus untuk segmen pengguna di bawah Galaxy Tab S4, Galaxy Tab A 10.5 tidak mendapatkan dukungan Samsung DeX. So, Anda belum bisa hubungkan piranti seperti halnya keyboard atau pun mouse dengan DeX.
Lain halnya dari saudarnya yang dibanderol dengan harga jauh lebih mahal, Samsung Galaxy Tab A 10.5 ini dalam paket penjualannya tidak menyediakan S-Pen. Ini artinya Anda masih harus membeli S-Pen secara terpisah apabila memang ingin mengoperasikan tablet tersebut dengan stylus dari Samsung. Untungnya, Samsung Galaxy Tab A 10.5 ini sudah dibekali dengan catu daya yang sama seperti Samsung Galaxy Tab S4 yang harganya lebih mahal tersebut. Sama seperti Tab S4, Tab A 10.5 ditenagai baterai berkapasitas 7.300 mAh. Dengan kapasitas yang sebesar itu Anda pastinya bisa menggunakan tablet terbaru Samsung ini hingga seharian penuh.


Akan tetapi pada Galaxy Tab S4 ini, Samsung telah memberikan jaminan keamanan kepada para pemiliknya. Samsung Galaxy Tab S4 tersebut dilengkapi dengan teknologi yang bernama Face Recognition, juga dilengkapi pula dengan Iris Scanning sehingga sangat aman. Tak hanya untuk membuka layar saja, tetapi di sini Anda juga sudah bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mengunci file – file pribadi dengan Secure Folder. Selain itu, Samsung Galaxy Tab S4 juga sudah dilengkapi pula dengan platform keamanan Samsung Knox yang nantin akan menjamin keamanan dalam multilayer. Ini artinya hanya Anda yang akan bisa membuka folder pribadimu.
Dengan memiliki Samsung Galaxy Tab S4, itu artinya Anda juga sudah mendapatkan S-Pen yang nanti bisa Anda gunakan untuk menangani segala yang Anda butuhkan. Bisa dibilang, S-Pen yang dihadirkan dalam paket penjualannya dibilang sangat membantu tingkatkan efisiensi kerja Anda. Stylus S-Pen yang dihadirkan pada Samsung Galaxy Tab S4 ini bisa digunakan dalam fitur Screen Off Memo. Dengan fitur tersebut, maka Anda tak perlu menyalakan layar untuk sekadar menulis ide – ide dengan S-Pen sebelum akhirnya ide Anda tersebut menguap tanpa bekas.
Bahkan Anda juga bisa memakai Live Message untuk ciptakan catatan dengan format animasi pada saat sedang chatting. Apabila Anda sedang membaca artikel berbahasa asing, dan Anda cukup kesulitan dalam memahaminya, maka Anda juga bisa memanfaatkan fungsi Translate S-Pen, carnaya Anda hanya perlu memblok kata atau pun kalimat yang ingin diterjemahkan.
Nah, itu dia ragam keunggulan tablet terbaik 2018, Samsung Galaxy Tab A 10.5 vs Tab S4 yang bisa kami informasikan. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.