Chat Whatsapp Sering Pending? Simak Tips Berikut Ini!

Whatsapp terkenal akan performanya yang tak membebani RAM smartphone namun ada beberapa kendala yang bisa terjadi. Masalah tersebut yakni chat whatsapp pending dan hal ini tentu akan menghambat komunikasi terhadap teman ataupun rekan kerja.

Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas soal cara mengatasi chat whatsapp pending dengan cara yang tepat bahkan dengan mudah tanpa harus melakukan uninstall aplikasi chatting tersebut.

Sebelum mengatasi hal tersebut tentu saja kita harus mencari beberapa penyebabnya kenapa kok terjadi pesan whatsapp pending. Contoh penyebabnya bisa karena jaringan provider yang digunakan tak terlalu pada suatu daerah hingga aplikasi ada yang eror. Untuk itu simak beberapa tips yang bisa kamu gunakan jika mengalami permasalahan ini:

cara mudah mengatasi chat whatsapp pending

Penyebab dan Cara Mengatasi Chat Whatsapp yang Sering Mengalami Pending

  • Jaringan Operator Bermasalah
Penyebab pertamanya biasanya karena jaringan operator yang digunakan sedang tidak baik. Contohnya kamu berada di daerah pedesaan ataupun pegunungan. Untuk itu tipsnya yakni memastikan sinyal jaringanmu setidaknya konek dalam 3G. Hal ini biasanya disepelekan oleh kebanyakan orang.
  • Battery Saver Aktif
Kendala lainnya biasanya terjadi karena battery saver secara tidak sengaja aktif. Kenapa battery saver dapat membuat pesan bisa pending? Karena fungsi dari battery saver sendiri yakni menghemat daya baterai dan biasanya beberapa fungsi dimatikan saat layar ponsel sedang off. Dan tak luput dengan mobile data pada smartphone kamu. Nah jika jaringan data mati otomatis pesan masuk pada akun whatsapp kamu juga ikutan tertahan.

Untuk melakukan nonaktif baterry saver kamu bisa menuju settingan dengan langkah berikut, Setting -> Battery / Power Management -> nonaktifkan tanda Battery Saver / Stamina Mode / Hemat Baterai. (Biasanya settingan rata-rata android seperti ini.)
  • Cache Aplikasi
Tips selanjutnya adalah membersikan cache whatsapp pada smartphone kamu. Jika kamu mengalami kendala ini biasanya memori penuh dan hal ini biasanya terjadi jika smartphone sobat low entry atau sedang membuat aplikasi lain yang memiliki kapasitas besar seperti game-game HD misalnya.

Untuk mengatasinya cukup dengan pergi kebagian setting atau pengaturan > manager aplikasi > tap Whatsapp dan tekan tombol hapus cache atau clear cache. Langkah terakhir yakni melakukan reboot hp android kamu.
  • Melakukan Update Aplikasi
Langkah keempat yang dapat dilakukan jika kendalamu masih belum teratasi yakni dengan melakukan update whatsapp. Kamu bisa melakukannya dengan membuka playstore lalu cari whatsapp dan tap bagian update.
  • Uninstall dan Install lagi
Tips terakhir jika keempat langkah diatas tak dapat mengatasi chat whatsapp pending yakni dengan melakukan uninstall aplikasi chatting ini pada smartphone kamu. Sebelum uninstall lebih baik hapus semua data lalu lakukan restart dan lakukan install kembali.

Semoga informasi yang kami sampaikan tentang cara mengatasi chat whatsapp sering pending diatas dapat membantu kendala kamu. Nantikan artikel menarik lainnya tentang whatsapp yang tentunya menarik untuk disimak.